Aku Bukan Malaikat

Yang jauh di sana akan tergantikan oleh yang selalu ada

Kurang lebih begitu ucapannya saat itu. Aku bertanya-tanya apakah memang itu yang akan terjadi? Jika ya, seberapa waktu yang dibutuhkan ‘yang selalu ada’ untuk selalu ada?

Pertama kali aku mendengar hal itu aku senang. Ya, aku senang. Aku berharap aku bisa merubah hatinya. Saat itu aku ingin memposisikan diriku sebagai yang selalu ada. Sebagai orang yang yang bisa dipandangnya setiap saat, yang bisa diminta bantuan setiap waktu, yang selalu ada kapanpun sebagai teman bercengkrama dan bercerita.

Aku ingin menjadi sesosok malaikat yang dibutuhkannya. Ketika dia senang dia akan berbagi padaka, ketika sedih dia juga akan memanggilku.

Sayangnya aku bukan malaikat, tapi sebaliknya. Malaikat macam apa yang menginginkan sesorang dengan memanfaatkannya? Apakah bisa disebut malaikat ketika aku menolongnya dengan pamrih? Malaikatkah aku yang ingin merebutnya?

Aku jahat, bukan? Jangankan malaikat, mungkin aku tak layak disebut manusia. Beruntunglah aku menyadari sisi jahatku secepat ini sebelum aku menjelma sebagai iblis jahat. Aku tidak mungkin menjadi seorang malaikat. Tapi mungkin saja aku belum melangkah terlalu jauh dari batas nurani seorang manusia. Mungkin saja aku bisa kembali…

Aku ingin kembali…
Menjadi manusia seutuhnya…

Oleh karena itu, aku akan menghentikan ini semua. Biarlah aku menahan berbagai perasaan yang bercampur. Aku hanya akan mendekat dengannya sebatas teman baiknya saja, tidak akan lebih. izinkan aku menjadi berguna dengan caraku sendiri. Biarkan semua yang terjadi seakan tak pernah terjadi.

Bahkan ketika hal itu akan sulit, aku akan berpura-pura bahwa itu bukan apa-apa.
Bahkan ketika hal itu akan sakit, aku akan berpura-pura bahwa aku baik-baik saja.

Seperti air yang mengalir. Aku tidak tau entah sesuatu yang pernah ada itu akan sempat terungkap dengan bijak atau terkubur seperti seonggok sampah.

 

Di sebuah kereta,
Desember 2014

Leave a Reply

